kue nastar

Menurut @radityadika kue lebaran yang paling enak adalah:

1. nastar

2. nastar

3.nastar

+1  deh untuk raditt

…akhirnya sebelum lebaran kmrn.. nyoba bikin kue nastar

setelah gugling resep  kian kemari finally pilihan jatuh ke resep nastar si ibu FatmahBahalwan . Testimoni yg udh nyobain  katanya enak  dan setelah dibuktiin sendiri ternyata benerrr. enak bgt, lumer dimulut. ini resep nya dng sedikit modifikasi dr baca blog2 lain

Bahan kulit:
250 gr  margarine
250 gr  butter
100 gr  gula halus
4 btr     kuning telur
700 gr  tepung terigu
4 sdm   susu bubuk FC

Bahan polesan:
4btr     kuning telur

Bahan selai nenas:
4 bh     nenas palembang, haluskan (katanya nenas palembang ini airnya dikit sehingga lebih cepet kering,kalo ga ada nenas palembang pake yg biasa aja jg gpp)
200 gr  gula pasir
1 sdt     garam
1 ptng   kayu manis

4bh cengkeh

Cara membuat selai nenas:

Masak nenas halus bersama airnya, garam,cengkeh dan kayu manis hingga kering, setelah itu, tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat seperti selai. Angkat.

selai nenas yg udah jadi

Disarankan membuat selai  satu hari sebelumnya dan dimasukkan ke kulkas. selain biar ga capek (mengingat ribetnya bikin kue ini), selai nenas juga akan lebih mudah dibentuk.

Cara membuat kue nastar:

  • Aduk mentega, gula dan telur hingga rata. (mixer speed 1, asal nyampur) dan jangan terlalu lama
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk yg telah diayak bersama, aduk perlahan hingga tercampur rata dengan sendok kayu.
  • Ambil sedikit, bentuk bulat,pipihkan isi dengan selai nanas, bulatkan kembali. Susun diloyang , beri jarak satu dengan yg lain. gunakanlah sarung tangan plastik untuk membulatkan, selain lebih bersih hasil bulatan juga jadi licin. Pada saat membentuk adonan jangan letakkan dideket kompor, samping kulkas ato tempat lain yang panas karna margarin bisa meleleh dan membuat adonan keras (katanya gitu)

adonan telat dibulatkan dan siap dimasukkan oven

  • Oven dengan suhu 140’C selama lk. 30 menit, keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat. Ribet? emang:p

Loyang tidak perlu di oles dengan margarin karna tidak akan lengket.

adonan yg dikeluarkan dari oven dan telah dipoles kuning telur

kue nastar udah matang

 
  • Angkat, biarkan dingin, susun dalam toples. selesai.

lebih kurang 3,5 buah  toples ini

Ini ga dijual kok, mungkin kalo udh pensiun jadi model baru merambah ke bisnis kue :p *dilempar telur busuk*

jadi ceritanya mau ngetes aja,  iseng beli toples  2 buah , susun kuenya dengan tidak rapi ,kemudian hiasi dengan pita bekas parcel lebaran 🙂

*abaikan bentuk polesan kuning telurnya yg berantakan*

selamat mencobaaa

Advertisements